Cara Mengatasi Asam Lambung Naik Ke Dada

Naiknya asam lambung ke dada, tenggorokan atau ke kerongkongan merupakan suatu kondisi dimana lambung anda sedang mengalami masalah atau gangguan. Salah satu penyakit lambung yang menimbulkan asam lambung naik ialah GERD atau lebih dikenal dengan istilah asam lambung naik.

Ketika asam lambung diproduksi berlebih maka cairan dapat mengalami reflux atau mengalir ke kerongkongan. Sebenarnya bukan kadar asam lambung yang naik ke dada, melainkan asam lambung naik ke tenggorokan dan kerongkongan. Rasa panas dan nyeri yang sering anda rasakan di dada hanyalah gejala yang ditimbulkan akibat naiknya kadar asam lambung. Komplikasi penyakit asam lambung naik yang paling sering terjadi adalah esofagitis. esofagitis adalah peradangan atau inflamasi pada dinding esofagus atau kerongkongan. Dan penderita akan kesulitan menelan karena munculnya tukak. Tukak terbentuk ketika lapisan dinding esofagus tererosi sehingga menjadi luka, dan pada kasus yang lebih parah lagi bisa mengakibatkan terjadi kanker esofagus.
Asam lambung yang terlalu tinggi atau terlalu rendah memang tidak baik untuk tubuh. Jika tubuh anda kekurangan asam lambung maka bisa membuat tubuh mudah terserang penyakit dari bakteri yang masuk ke tubuh lewat makanan dan minuman. Jika asam lambung berlebih dan menyebabakan sakit pada perut.

Beikut beberapa langkah untuk mengatasi menjaga asam lambung agar seimbang, diantaranya:

  • Konsumsi makanan yang seimbang dengan asupan vitamin, mineral dan protein.
  • Hindari konsumsi makanan yang terlalu pedas dan asam
  • Hindari makanan yang mengandung lemak berlebih seperti lemak pada daging merah dan daging ayam
  • Konsumsi ikan yang penuh dengan nutrisi yang baik untuk pencernaan seperti salmon, sarden atau ikan tuna
  • Konsumsi buah dan sayuran yang banyak mengandung serat seperti alpukat, stoberi, nanas, bayam, sawi dan beberapa jenis lainnya.
  • Hindari melakukan diet ketat yang tidak seimbang nutrisi tubuh. Diet yang baik harus tetap memperhatikan keseimbangan kebutuhan nutrisi untuk tubuh.
  • Atur waktu istirahat secara teratur sehingga tubuh tetap sehat dan produksi asam lambung juga bisa stabil.
  • Lakukan olahraga secara teratur. Anda bisa melakukan olahraga ringan selama 10 menit setiap hari dan konsumsi air putih 10 gelas per hari.
  • Atur porsi makan agar organ pencernaan tetap sehat, seperti makan sedikit dengan porsi yang kecil namun sering.
  • Hindari makanan atau maknan yang terlalu dingin untuk menjaga dingin untuk menjaga sistem pencernaan agar tetap stabil.
  • Hindari makan berlebih saat malam hari bahkan organ pencernaan bisa mengalami dampak langsung dengan produksi asam lambung yang berlebih.

Asam lambung banyak dipengaruhi oleh jenis maknan-makanan yang masuk ke dalam tubuh, perhatikan asupan makanan secara teratur dan jaga waktu makan anda.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s